Sunday, April 6, 2014

Sefaretname: an account of the 1755 Ottoman embassy to Poland-Lithuania


Polish historians have been publishing the accounts of Polish-Lithuanian ambassadors to the Ottoman Empire since the 19th century. These sources have been indispensable to the study of Polish-Ottoman historical relations for generations, particularly as few historians have had access to both Polish and Ottoman sources. In contrast, very few studies of Ottoman diplomatic embassies to Poland-Lithuania have been analyzed. As the Polish and Turkish academies become closer, an integration of sources from both historical milieus will no doubt lead to an even more nuanced understanding of the historical relations of these close neighbors. The current study is an attempt to move in this direction.

During the 18th century in the Ottoman Empire it was standard protocol to inform neighbouring states of the succession of a new sultan to the Ottoman throne and assure them of the good intentions of the new ruler. When Mahmud I (r.1730-1754) died in 1754, Osman III (r.1754-1757) became the new Sultan of the Ottoman Empire. After the succession of Osman III, several envoys were sent to Russia, Poland-Lithuania and Austria to officially inform these states of his succession.

Polish report of the mission
Former Ottoman governor Ziştovili Hacı Ali Ağa (d. 1760) was sent to the Polish-Lithuanian Commonwealth for this purpose. Following initial preparations, he set off with his legacy by way of the Ottoman vassal state of Moldavia and the fortress of Khotyn in January, 1755. He arrived in Polish territories in February and issued a letter to Crown Grand Hetman Jan Klemens Branicki announcing the arrival of the Ottoman envoy to Polish territories. In the town of Żwaniec, Hacı Ali Ağa was met by local governors. Rich banquets were given in honour of the Ottoman envoy during his progress through Polish-Lithuanian cities. The Ottoman mission consisted of almost 50 people, among whom were the secretary of the legacy (who was a poet), a seer, a cook, a postman, servants, guards etc. Their route took them through Dubno, Lublin, Radzyń, Bielsk, Białystok, Warsaw, Leszno and finally arrived in Wschowa where an audience was held for the Ottoman envoy by the King of Poland, Grand Duke of Lithuania and Elector of Saxony August III (r. 1734-1763).

As King August III was not in Warsaw at the time, Hacı Ali Ağa was forced to travel even farther, to Wschowa. As the Elector of Saxony, the King spent a great deal of time in Dresden, the capitol of Saxony. Significantly, the Ottoman envoy Hacı Ali Ağa was invited to Białystok which was located far to the east and was not on the way to Warsaw. It is likely that royal officials sent him on this unnecessary detour in order to gain time until King August III returned to Poland. Grand Hetman Branicki invited Hacı Ali Ağa to Białystok in April 1755, after which the Ottoman envoy spent some time being entertained by the city. There he met with Izabella Branicka, the wife of the Hetman and other noble Polish ladies. It is clear that Polish-Lithuanian society was very interested in the Ottoman mission; news of the envoy’s arrival, and the receptions given in his honour were published in detail in local newspapers.

After a series of similar receptions in several Polish cities as well as in the capital in Warsaw, Hacı Ali Ağa came to Wschowa, which was located in the western part of Poland, not far away from the Brandenburg border. He had an official audience in the presence of August III in May. An elaborate ceremonial entrance was held during his visit with the King, which was attended by a large crowd of curious onlookers that did not want to miss the opportunity to see the Ottoman envoy. Hacı Ali Ağa delivered the royal letter of the Ottoman Sultan to the King of Poland-Lithuania and issued words of friendship and good relations between two neighbouring states. There were also gift exchanges at the end of the audience, which were a great disappointment for the Ottoman Envoy:

When the gifts of the King were brought, we looked upon them in wonder.
In two baskets there were five to ten pieces of Viennese-style items:
A few plates, five to ten bowls and two Austrian-style watches
These are the gifts of the King…

After accepting a letter from August III to the Ottoman Sultan Osman III, Hacı Ali Ağa left from Wschowa and arrived in Istanbul in July, 1755. Despite the unimpressive gifts given by the King, Crown Grand Hetman Branicki spent a great deal of money to host the Ottoman legacy. According to his accounts, gifts and other expenses cost Branicki some 57,502 florins. As a rule, the Ottoman government covered the daily expenses of extraordinary envoys from foreign courts that came to Istanbul. In the same way the daily expenditures of Ottoman envoys were paid by host countries until the end of the XVIIIth century. As such, the cost of Hacı Ali Ağa’s trip were an enormous expense. Following the mission of Hacı Ali Ağa, the Polish-Lithuanian Commonwealth sent Count Mniszech to the Porte to officially congratulate the new Sultan on his succession to the throne in 1755.

The Sefaretname
Thanks to his sefaretname (ambassadorial account) and Polish sources, we know a great deal about the mission of Hacı Ali Ağa. The sefaretname of Hacı Ali Ağa differs from other Ottoman ambassadorial accounts in that it was written in the form of a poem, probably by the ambassador’s secretary. The document, which is both long and detailed, provides information about all of the cities, no matter how small, that the legacy visited. All events and locations are described as they were seen through Ottoman eyes. For this reason, it is a significant source that allows us to explore an Ottoman perspective of Poland-Lithuania in the 18th century.

Ottoman Perceptions of Poland-Lithuania in the Sefaretname

It is clear that, for the author of the sefaretname, Polish-Lithuanian society, culture, and religious life were quite alien. Political and administrative structures, urban governments, officials, and women were all described in some detail. The author criticized both the Polish-Lithuanian administrative system to the habit of the locals to drink too much alcohol:

Some of these people are drunk, some of them have a foolish-temperament

The Crown Grand Hetman’s relationship with his wife were of interest to the author:

The Hetman is very fit and takes every kind of pleasure (from life)
Although he is old, his wife is very young
He has a good time and she gives him power

In generaly, the sefaretname portays women as being very active Polish-Lithuanian society, however it is clear that Hacı Ali Ağa did not find this activity, or the women themselves to be very attractive:

(These women) are without grace or pleasant demeanour;
they are not attractive.
(Here) all women look alike,
as if they were a picture on the wall.
To look like such infidels and to dream of pleasure,
for a human, is not possible
if they don’t wear hoop-dresses [çenberli fistan],
which all women here wear.
Women are famous here for these ignoble dresses.

Jewish people also figure into the account of Hacı Ali Ağa, and are noted whenever they were encountered in his journey. In the sefaretname the Christian communities of Poland-Lithuania are described as infidels (kâfirler). Hacı Ali Ağa expresses his hope that Polish territories join the world of Islam

The sefaretname of the Hacı Ali Ağa is a detailed, lengthy Ottoman diplomatic account of an embassy to Poland-Lithuania. It provides a rare Ottoman perspective on Poland-Lithuania in the mid-18th century. The future study of this and similar accounts will help to flesh out our understanding of Polish-Ottoman relations and the ways that these societies perceived of one another.

Posted by: Dr. Hacer Topaktaş. See academia.edu

Bibliography
  1. Şeref, Abdurrahman. 1328/1912, “Manzum Bir Sefâretnâme”, Tarih-i Osmanî Encümeni Mecmuası (TOEM), V. III, nr. 13, pp. 777-795.
  2. Kucharska, Barbara. “Polska XVIII wieku w oczach tureckiego dyplomaty Hacı Ali Agi”, Przegląd Orientalistyczny, nr. 1 (41), 1962, pp. 31-46.
  3. Topaktaş, Hacer. Lehistan’da Bir Osmanlı Sefiri Hacı Ali Ağa (1755), forthcoming.


The reception of the last Polish-Lithuanian mission to the Porte, 1790



22 comments :

  1. WELCOME TO CONSUMER LOAN FIRM .......... Are you a businessman or a woman? Are you in any financial mess or do you need funds to start your own business? Do you need a loan to start a small-scale pleasant and medium business? Do you have a low credit score and are you finding it difficult to obtain equity loan from local banks and other financial institutes? Our loans are well insured for maximum security is our priority, Our main goal is to help you get the services you deserve, Our program is the fastest way to get what you need in a snap. Reduce your payments to ease the pressure on your monthly expenses. Gain flexibility with which you can use for any purpose - holiday, education, for exclusive purchases We offer a wide range of financial services, which includes: Business Planning, Commercial and Financial Development, Properties and Mortgages, Debt Consolidation Loans , Private Loans, Home Refinancing Loans with low interest rate at 2% per annul for individuals, companies. WE OFFER ALL TYPE OF LOANS, APPLY TODAY FOR AVAILABLE LOANS. Please contact us via email for more information: (consumerloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar meandukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Emergency Cash Loans Hello Everybody, My name is Mrs. Phyllis Sue South. I live in UK London and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of $350,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 2 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of $350,000.00 U.S. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs. Phyllis Sue South that refer you to him. contact Dr. James Eric via email: financialserviceoffer876@gmail.com Whats-App +918929509036

    ReplyDelete
  4. Nama: Malik
    Negara: Indonesia
    Jenis Kelamin.: Pria
    Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
    WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
    Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


    DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
    ____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

    email:((m7472736@gmail.com))


    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  5. Saya Harum Ahmadzulkifli dari Filipina dan saya tinggal di George Town Penang, Malaysia. Saya ingin menyaksikan pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya bagi orang-orang yang mencari pinjaman di Asia, terutama Malaysia dan Filipina dan bagian dunia lainnya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.

    Saya telah menjadi korban penipuan kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir diedit dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara.

    Seorang teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memberi tahu saya tentang kesaksian yang mereka lihat di media sosial dari Zulaikha Yugesh dari email zulaikhayugesh@gmail.com dan memperkenalkan saya pada pinjaman yang dapat dipercaya oleh pemasok, PERUSAHAAN PINJAMAN Ibu RIKA ANDERSON. Saya juga memverifikasi dari saksi lainnya Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com, dan Ibu Margaretha Asmara dari Ambon di Indonesia email margarethaasmaran@gmail.com dan whatsapp +6282340185186.

    Saya mendapat pinjaman RM250.000 mata uang Malaysia dari Rika Anderson Loan Corporation dengan mudah dalam waktu 24 jam yang saya gunakan, dan sekarang saya telah memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik ibu Rika di keluarga saya. Jika Anda membutuhkan pemberi pinjaman gen.

    silakan hubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson melalui
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com,
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apapun melalui email saya, harumahmadzulkifli@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Salam pembuka,
    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena pendanaan yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa sulit untuk mendapatkan layanan permodalan dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di area tertentu dari spesialisasi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! hubungi saya melalui email; (juliacrawfordloan@gmail.com)
    WA: +1 (507) 724-8254

    Kami telah memberikan miliaran pinjaman bisnis kepada lebih dari 2.500 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan andal, pinjaman disetujui dalam waktu 24 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapapun yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami 100% dijamin dan terjamin, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami, kami adalah perusahaan pinjaman terkemuka, sah dan terakreditasi. Kami meminjamkan kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan tunai. Jadi silahkan hubungi kami hari ini melalui email di
    (juliacrawfordloan@gmail.com)
    WhatsApp: +1 (507) 724-8254

    SALAM
    JULIA CRAWFORD
    juliacrawfordloan@gmail.com
    WA: +1 (507) 724-8254

    ReplyDelete
  7. Nama saya Bu Yanti Ari. Saya adalah pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa waktu, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat diandalkan yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan jumlah 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari  internet karena saya ditipu.

    jadi, suatu hari saya setia membaca sebuah artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar dari '' Dian Pelangi" perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam  pinjaman besar dari perusahaan tempat Bu Ana Michael bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta karena pemberi pinjaman yang buruk kepadanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang dapat diandalkan telah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya meneleponnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. Dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi rincian perusahaan tempat Mrs Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk berbagi kabar baik saya agar orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ibu Ana Michael melalui email:(ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
    Ini email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk stres.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda dengan cara apa pun karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Nama : Yanti Ari
    Nomor telepon saya:+62 82116440184
    Nomor Whatsapp:+62 82116440184
    Kota: Medan
    Email saya:ARIY6261@GMAIL.COM

    Saya berdoa agar Allah memberikan orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat cerita saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya diselamatkan. Saya selalu siap membantu siapa saja yang membutuhkan jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak ingin orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri!!!

    ReplyDelete
  8. Di RIKA ANDERSON LOAN FIRM, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kita dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    pinjaman pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    ReplyDelete
  9. Fast cash offer for you today at just 3% interest rate, both long and short term cash of all amounts and currencies, no collateral required. Apply now for your instant approval financialserviceoffer876@gmail.com WhatsApp +918929509036

    ReplyDelete
  10. CERITA HIDUPKU

    Ada begitu banyak kegembiraan dalam keluarga saya sejak saya mendapat pinjaman dari IBU MARIA ALEXANDER dan hidup saya menjadi lebih baik. Saya telah menjadi ayah yang diberkati untuk keluarga saya dan istri saya tercinta, anak-anak saya merasa sehat dan bisnis saya berkembang pesat seperti yang direncanakan dan istri saya memiliki pabrik Padi sendiri dengan karyawan


    Semuanya dimulai ketika istri saya kehilangan pekerjaannya selama fase pertama pandemi Virus Corona sehingga kami semua bergantung pada bisnis saya untuk bertahan hidup tetapi dalam waktu singkat bisnis tersebut gulung tikar karena saya dan anak-anak saya makan dari bisnis dan sebagian besar dari saya kebaikan diperoleh. manja selama penguncian jadi saya tersesat yang menyebabkan banyak kelaparan bagi saya dan keluarga saya

    Kami kelaparan dan kami harus pindah kembali ke desa sehingga kami bisa bertani dan mencari nafkah untuk anak-anak tetapi bertani tidak sesulit yang kami inginkan karena kami hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang pertanian dan tidak ada uang untuk membeli bahan kimia untuk pengendalian hama. tanaman kami mati dan kami menjadi lelah selama bertahun-tahun sampai saya membaca kesaksian seorang wanita bernama KABU LAYU dan PRIA lainnya bernama RASHID HUSAEN yang mendapat pinjaman dari PERUSAHAAN PINJAMAN MARIA ALEXANDER

    INFORMASI KONTAK PERUSAHAAN

    Jumlah Pinjaman ::: Rp1000,000.000,00

    Alamat Email Perusahaan ::: mariaalexander818@gmail.com

    Nama Perusahaan :: MARIA ALEXANDER LOAN COMPANY

    Perusahaan WHATSAPP:  (+1 254-276-8402 )

    Nama Saya ::::: YUDA BUDIWATI

    Email Saya :::: yudabudiwati@gmail.com

    negara Indonesia

    Jadi saya mengajukan pinjaman dan istri saya menolak pinjaman online karena dia memiliki pengalaman tentang pinjaman online tetapi bagi saya ini adalah pertama kalinya saya mendapatkan pinjaman online jadi saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN MARIA ALEXANDER dan melalui proses mereka termasuk kredensial saya sehingga mereka memberi tahu saya menunggu persetujuan pinjaman bahwa jika aplikasi pinjaman saya telah diperbarui dan disetujui mereka akan kembali kepada saya yang mereka lakukan, demi kemuliaan ALLAH saya diberi pinjaman
    Saya sangat senang dan saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada PERUSAHAAN PINJAMAN MARIA ALEXANDER

    DOAKU DIJAWAB, SEMOGA ALLAH MEMBERKATI IBU MARIA ALEXANDER YANG MENGUBAH HIDUPKU DAN KEHIDUPAN SELURUH KELUARGAKU HARI INI

    ReplyDelete
  11. Hai Penonton Dapatkan kad ATM Kosong anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia.. Kami telah memprogram khas kad ATM yang boleh digunakan untuk menggodam mesin ATM, kad ATM boleh digunakan untuk pengeluaran di ATM atau leret, di kedai dan POS. Kami menjual kad ini kepada semua pembeli yang berminat di seluruh dunia, kad itu mempunyai had pengeluaran harian sebanyak $1,000 pada ATM dan sehingga $20,000 had perbelanjaan di kedai bergantung pada jenis kad yang anda pesan, kami bersedia untuk anda pada bila-bila masa, pada bila-bila hari. E-mel; (blankatm002@gmail.com) Saya berterima kasih kepada Mike kerana dia mengubah cerita saya secara tiba-tiba . Kad ini berfungsi di semua negara kecuali, hubungi dia sekarang (blankatm002@gmail.com)

    ReplyDelete
  12. Selamat Hari Semua!!!

    Nama saya Encik Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, indonesia dan saya bercakap sebagai salah seorang yang paling gembira di dunia hari ini dan saya memberitahu diri saya bahawa pemberi pinjaman telah menyelamatkan keluarga saya daripada keadaan buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia. dan saya sangat gembira untuk mengatakan bahawa keluarga saya kembali selama-lamanya kerana saya memerlukan pinjaman sebanyak Rp300,000,000.00 untuk memulakan hidup saya sejak saya seorang bapa tunggal dengan 5 orang anak dan dunia seolah-olah bergantung kepada saya apabila saya cuba mendapatkan pinjaman. Daripada bank dan bank dalam talian menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahawa pendapatan saya rendah dan saya tidak mempunyai cagaran untuk pinjaman jadi saya pergi dalam talian dan keadaan menjadi lebih sukar kerana mereka merobek wang saya daripada saya dengan janji manis untuk membantu saya


    Sehingga saya melihat jawatan ibu Puan Maria dari blog dan saya merayu kepadanya, dia memberikan saya semua terma dan syarat dan saya bersetuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada mulanya saya fikir ini tidak mungkin berlaku kerana pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebanyak Rp300,000,000.00 dan saya akan menasihati sesiapa yang benar-benar memerlukan pinjaman untuk menghubungi Puan Maria Alexander wanita kata beliau, melalui e-mel : ( mariaalexander818@gmail.com ) kerana mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik hati. sesiapa yang inginkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asal, boleh hubungi Via beliau

    e-mel: ( mariaalexander818@gmail.com )
    whatsapp: (+1 254-276-8402 )

    Anda boleh menghubungi saya En Rashid untuk maklumat lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semua

    ReplyDelete
  13. Halo, semua, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk berkongsi kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan kepada seorang wanita kaya dan kini saya mempunyai kehidupan yang sihat tanpa tekanan dan kesulitan kewangan,


    Selepas berbulan-bulan cuba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu daripada 400 juta, saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman dalam talian yang sah secara kredit dan tidak akan menambah kesakitan saya, jadi saya memutuskan untuk berpaling kepada rakan saya untuk mendapatkan nasihat tentang bagaimana untuk mendapatkan pinjaman dalam talian, kami bercakap mengenainya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Puan Maria yang merupakan CEO Maria Loan. Syarikat


    Saya memohon jumlah pinjaman (900 juta) dengan kadar faedah rendah 2%, supaya pinjaman yang diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dibuat dengan pemindahan kredit, kerana ia tidak memerlukan cagaran untuk pemindahan daripada pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang daripada dua jam wang pinjaman telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.


    Saya fikir ia adalah gurauan sehingga saya menerima panggilan daripada bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat gembira kerana akhirnya Tuhan mengabulkan doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit sebenar saya, yang boleh memberikan hati saya keinginan.


    Terima kasih banyak kepada Cik Maria kerana menjadikan hidup saya adil, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Maria dengan baik melalui E-mel ( mariaalexander818@gmail.com ) ATAU whatsapp: +1 (254) 276 -8402. untuk maklumat lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman anda,

    E-mel ( mariaalexander818@gmail.com ) ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.


    Jadi, terima kasih banyak kerana meluangkan masa anda untuk membaca tentang kejayaan saya dan saya berdoa agar Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda. Nama saya kabu layu, boleh hubungi saya untuk rujukan lanjut melalui email saya: ( kabulayu18@gmail.com )

    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  14. COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    W/A::::::::::::::::::::::::::::\+6282274045059


    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah
    mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: [aditya.aulia139@gmail.com] dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: [mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya email nya dan saya mengirimkan email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete
  16. Saya Harum Ahmadzulkifli dari Filipina dan saya tinggal di George Town Penang, Malaysia. Saya ingin menyaksikan pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya bagi orang-orang yang mencari pinjaman di Asia, terutama Malaysia dan Filipina dan bagian dunia lainnya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.

    Saya telah menjadi korban penipuan kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir diedit dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara.

    Seorang teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memberi tahu saya tentang kesaksian yang mereka lihat di media sosial dari Zulaikha Yugesh dari email zulaikhayugesh@gmail.com dan memperkenalkan saya pada pinjaman yang dapat dipercaya oleh pemasok, PERUSAHAAN PINJAMAN Ibu RIKA ANDERSON. Saya juga memverifikasi dari saksi lainnya Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com, dan Ibu Margaretha Asmara dari Ambon di Indonesia email margarethaasmaran@gmail.com dan whatsapp +6282340185186.

    Saya mendapat pinjaman RM250.000 mata uang Malaysia dari Rika Anderson Loan Corporation dengan mudah dalam waktu 24 jam yang saya gunakan, dan sekarang saya telah memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik ibu Rika di keluarga saya. Jika Anda membutuhkan pemberi pinjaman gen.

    silahkan hubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson melalui
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012

    Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apapun melalui email saya, harumahmadzulkifli@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Saya ditipu $ 150.000 oleh sekelompok scammers online, saya hancur dan ingin mengakhiri hidup saya, tetapi untungnya seorang teman saya memperkenalkan saya kepada tim penyelidik penipuan ini, "(Pakar Pemulihan Dana Global)" dan mereka membantu saya mendapatkan uang saya kembali saya. Saya tidak percaya pada awalnya, itu seperti keajaiban. Mereka mengembalikan semua uang saya kembali kepada saya dalam waktu yang sangat singkat. Semua terima kasih kepada teman baik saya yang memperkenalkan saya ke tim penyelidik penipuan ini. Saya menjadi wanita yang bahagia lagi. Anda dapat mencobanya jika Anda pernah ditipu sebelumnya. Mereka akan membantu Anda mendapatkan uang Anda kembali. Ini adalah situs web mereka (w w w. gfrexperts. com)

    ReplyDelete
  18. Nama saya Novia Antonus, Pemilik petshop dan toko pakaian di Malaysia.
    Saya ingin menceritakan kisah saya kepada dunia dan bagaimana saya mendapat pinjaman dari RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT COMPANY untuk memulai bisnis SAYA., beberapa bulan yang lalu.

    Saya tidak punya uang atau pekerjaan untuk memulai bisnis toko, jadi saya mulai mencari pinjaman di bank dan pemberi pinjaman di mana-mana tetapi tidak ada yang mau membantu saya.

    Jadi saya putus asa dan mencari secara online tetapi saya tertipu karena biaya pendaftaran tetapi tidak ada pinjaman yang diberikan kepada saya.
    Saya hampir menyerah tetapi saya membaca sebuah artikel yang ditulis oleh seorang wanita tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman di facebook dan blog kesaksian dari RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT COMPANY.

    PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON memberi saya pinjaman 2% sebesar $25.000 pada bulan Maret 2020 dan dapat menawarkan jumlah berapa pun yang Anda inginkan. Ini adalah satu-satunya perusahaan online, sehingga Anda dapat memiliki perubahan cerita.

    Hubungi PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON Via email
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +1(929)526-0086Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
    Nama saya Novia Antonus
    negara: malaysia
    dan saya di: noviaantonous@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Great Blog,
    Clinic "Doctor Bob" - getting rid of drug problems in Moscow
    The hospital operates anonymously. Thanks to their own well-designed and tested program, its employees completely cure patients of harmful addictions, socialize, and return to normal life. The institution operates in Moscow, has a network of branches in various districts of the capital.For more at 24warez

    ReplyDelete
  20. Saya sangat senang untuk membagikan kesaksian saya yang luar biasa ini.
    Hidup saya telah berubah total dalam 72 jam. Aku bisa melihat diriku di cermin dan tersenyum. Saya memiliki kepercayaan diri dan kemampuan saya untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Saya memiliki suami saya kembali dalam hidup saya dengan bantuan Dr Ibinoba. Dia meminta maaf setelah 48 jam, setelah mantra itu dibuat. Dia mengatakan dia menyadari bahwa dia tidak pernah benar-benar ingin putus; dia tidak bisa menangani beban emosional yang saya bawa sepanjang waktu. Dia mengatakan bahwa dia pikir dia adalah pengaruh negatif dalam hidup saya dan berpikir lebih baik untuk pergi. Dia juga mengatakan sulit bahwa saya terus berbicara tentang masa lalu sepanjang waktu. Kami berdua sudah saling memaafkan. (Cek kompensasi saya datang begitu cepat dan saya diberitahu itu beberapa bulan lagi). Saya adalah bukti hidup dari apa yang dapat dilakukan Dr Ibinoba. Saya sangat berterima kasih kepada Dr Ibinoba atas hal luar biasa yang Anda lakukan dalam pernikahan saya. Saya sangat senang sekarang. Dengan bantuan Anda, kami berdua dapat melihat dan mengatakan kebenaran satu sama lain. Saya tidak pernah berpikir mantra bisa membantu pasangan sebelumnya, saya sangat senang untuk menghubungi Anda dan memulai semua ini terjadi. Siapa pun yang memiliki masalah dapat menghubungi nomor Whatsapp Dr Ibinoba: +2348085240869,Email: dromionoba12@gmail.com

    ReplyDelete